Kamis, 18 Februari 2010

Bupati Pelalawan Gagas Lomba Membaca Buku, Hadiah Rp30 Juta

17 Februari 2010

PANGKALANKERINCI (RP) - Untuk merangsang minat baca masyarakat Kabupaten Pelalawan, Bupati Pelalawan H Rustam Effendi menggagas lomba membaca buku perpustakaan di Pustaka Kantor Arsip Kabupaten Pelalawan.

Mereka banyak membaca dan masuk dalam enam besar, maka mendapat hadiah berupa uang yang disediakan pihak pustaka senilai Rp30 juta.

Hal itu dikemukakan Bupati dalam pengarahannya saat meresmikan pemakaian Pustaka Kantor Arsip, Kabupaten Pelalawan yang dibuka untuk umum, Selasa (16/2). Kegiatan tersebut dihadiri seluruh asisten, kadis, kabag dan kakan se-Kabupaten Pelalawan.

Bupati mengatakan, pustaka ini adalah gudang buku. Sedangkan buku adalah gudang ilmu. Karena itu siapa yang rajin membaca buku mereka mendapat pengetahuan dan wawasan. Sebab kalau seseorang tidak memiliki wawasan, mana mungkin mereka bisa mengembangkan ilmu mereka.

Bupati mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Pelalawan terutama mereka yang bersemangat untuk maju, agar sering membaca buku. Kalau tidak, mereka dapat dipastikan buta akan kemajuan. Untuk merangsang minat baca itulah pemerintah melalui kantor arsip menyediakan hadiah bagi enam basar yang banyak membaca.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Pelalawan menerima seperangkat buku dari Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Pelalawan (DKP) Ir HT Zuhelmi yang juga Kepala Beppeda, untuk diserahkan kepada perpustakaan daerah.

Di samping menerima hibah buku, bupati juga pada hari itu mendapat kartu anggota perpustakaan dari Kepala Kantor Arsip Pelalawan HT Ubaidillah. Dengan kartu itu bupati bisa mengejar enam besar terbanyak membaca dan pada akhir tahun akan menerima hadiah berupa uang. ‘’Ini modal saya mendapat Rp30 juta,’’ kata bupati sambil memperlihatkan kartu perpustakaan itu kepada undangan yang hadir.

Sementara itu, Kakan Arsip Pelalawan HT Ubaidillah kepada Riau Pos mengatakan, kriteria pengunjung enam besar yang mendapat hadiah pada akhir tahun itu, mereka datang ke perpustakaan, mengisi buku hadir, membawa kartu pustaka dan dicatat oleh petugas perpustakaan.

Setelah itu, pihak petugas memberikan buku kontrol kepada pembaca, untuk melihat berapa banyaknya seseorang membaca dalam satu tahun itu, termasuk meminjam untuk di bawa ke rumah yang akan menambah poin penilaian.

‘’Sampai saat ini, Perpustkaan Arsip ini sudah memiliki 2.300 buku dengan jumlah judul 1.213. Sedangkan usaha pihak arsip menambah buku perpustakaan adalah dengan cara membeli, hibah perpustakaan provinsi dan hibah perpustakaan pusat. Jadwal buka pustaka Senin sampai Kamis, mulai pagi pukul 08.30 WIB sampai dengan 11.30 WIB. Siang pukul 13.00 sampai dengan 16.00 WIB. Jumat pagi pukul 08.30 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Siang pukul 13.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.(ris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar